Pembekalan “Kesiapan Kerja” Calon Wisudawan UPGRIS ke-74

+

SEMARANG, suaramerdeka.com – Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menyiapkan para lulusannya untuk siap memasuki dunia kerja dan dunia industri.

Kesiapan itu diwujudkan kampus melalui kegiatan pembekalan kompetensi terhadap calon wisudawan.

Rektor UPGRIS, Dr Sri Suciati MHum mengemukakan, pihaknya ingin melalui pembekalan itu, calon lulusan tidak tergagap-gagap ketika memasuki dunia baru setelah lepas dari proses perkuliahan.

“Kami ingin calon lulusan siap memasuki dunia kerja. Sebetulnya banyak pilihan selain dunia kerja, mahasiswa bisa mengambil sektor wirausaha maupun memutuskan untuk studi lanjut,” kata rektor pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Karir, PPL dan Pemagangan, Lembaga Pengembangan Profesi UPGRIS di kampus tersebut, Kamis 4 Mei 2023.

Setiap pilihan tersebut menurut rektor, perlu kesiapan matang. Tujuannya supaya para lulusan semakin mudah beradaptasi atau menyesuaikan dengan lingkungan barunya.

“Para mahasiswa dibekali dengan berbagai kompetensi oleh para ahli di bidangnya. Mereka bakal menemui banyak hambatan dan rintangan. Saya pun berpesan jangan mudah menyerah, kegagalan adalah hal biasa yang dialami setiap orang,” tuturnya.

Sebelumnya, UPGRIS menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Pada momen ini, rektor berpesan kepada para guru untuk berlomba-lomba berkarya dengan hadirnya platform merdeka mengajar.

“Terlebih peserta didik sekarang bisa belajar dengan lebih tenang. Aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri,” ungkapnya.

Rektor juga menilai, meski selama tiga tahun harus menjalani pembelajaran jarak jauh, namun dunia pendidikan di Indonesia mampu bangkit dan melakukan inovasi pembelajaran yang lebih maju.

“Sekarang tidak ada lagi batasan ruang dan waktu untuk membatasi kemajuan pendidikan. Saat ini tahun merdeka belajar telah melawati masa sulit, sehingga mampu sejajar dengan pendidikan negara maju,” imbuhnya.

https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/048664368/lulusan-dituntut-siap-masuki-dunia-kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *